APLICARES
Aplikasi Pencarian Fasilitas Kesehatan

Nasional

Bappenas Lanjutkan Kajian Pemindahan Ibu Kota

Ahmad Djaelani | Selasa, 26 September 2017 - 20:55:49 WIB | dibaca: 1508 pembaca

Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) melanjutkan proses kajian rencana pemindahan ibu kota Jakarta pada tahun 2017 ini. Hal itu dikatakan oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Menurut Bambang Brodjonegoro, kajian terkait rencana pemindahan ibukota masih dilakukan terhadap wilayah-wilayah yang berada di luar Pulau Jawa. Namun hingga saat ini pihaknya belum menentukan titik lokasi mana yang akan dijadikan ibukota baru untuk negara Indonesia.

"Kajian pemindahan ibukota masih dilanjutkan, arahan Presiden kan kami kaji dulu baru tentukan lokasinya," tutur Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, rencana pemindahan ibukota di luar pulau Jawa itu sesuai dengan arah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang masih mengusulkan ibu kota baru berada di luar pulau Jawa.

Pulau Kalimantan menurut Bambang masih tetap menjadi salah satu wilayah yang masuk dalam kajian Bappenas. Ia pun berharap proses kajian segera selesai.

“Mudah-mudahan cepat selesai lah kajiannya," tambahnya.

Bambang menjelaskan, rencana pemindahan ibu kota ini membutuhkan dana yang besar terkait. Sementara pemerintah tak ingin membebani Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara APBN.

“Jakarta akan tetap menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Ibu kota baru akan jadi pusat administrasi pemerintahan,” tutupnya.










    Komentar Via Website : 0


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)